BAHAYA ROKOK

BAHAYA ROKOK


Kebiasaan hidup sehat  dipengaruhi oleh  pola hidup sehat. Salah satu kebiasaan yang dapat merusak kesehatan kita adalah kebiasaan merokok. 

Ogawa (2006), mendefinisikan kebiasaan merokok sebagai perilaku penggunaan tembakau yang menetap, biasanya lebih dari setengah bungkus rokok per hari, dengan tambahan adanya distres yang disebabkan oleh kebutuhan akan tembakau secara berulang-ulang.

Dampak dari kebiasaan merokok ini (Direktur Pencegahan dan Pengendalian PenyakitTidak menular, Kemenkes RI, dr. Cut Putri Ariane, M,HKes 25 Mei 2018 ) Penyakit Kardiovaskular, seperti jantung dan stroke, setiap tahunnya membunuh 17, 7  juta orang di dunia. Sekitar 31 % dari jumlah kematian global. bDi Indonesia, Stroke  (21,1%) dan penyakit Jantung (12,9 %) menjadi pembunuh nomor satu terbesar  dan dua dari seluruh kematian di Indonesia. Menurut WHO tembakau adalah produk yang setiap tahun mengakibatkan lebih dari 7 juta kematian dan kerugian ekonomi sebesar USD 1,4 Triliun dihitung dari biaya perawatan dan hilangnya produktivitas akibat  kehilangan hari kerja.

Hasil gambar untuk gambar orang sakit merokok
gb.Perbandingan paru-paru sehat dan tidak sehat

Melihat besarnya pengaruh buruk dari kebiasaan merokok ini. Terutama terhadap kesehatn jantung, maka dikeluarkan peraturan menteri kesehatan RI no 56 tahun 2017 mengenai pencantuman peringatan kesehatan dan informasi kesehatan pada kemasan produk tembakau. Agar  semua aggota masyarakat diedukasi untuk menghentikan kebiasaan merokok.

Kandungan Rokok
Asap rokok mengandung 4000 zat kimia berbahaya bagi kesehatan dan terdapat lebih dari 200 macam racun (Mu’tadin, 2007). 43 zat penyebab kanker.
Asap rokok itu mengandung antara lain karbon monoksida (CO) , nikotin, dan polycyclic aromatic hidrocarbon yang mengandung zat pemicu terjadinya kanker (tar, benzopyrenes,, nitroso-nor-nicotin, kadmium, hydrogen cyanide, vinyl chlorid, toluane, arsanic, phenol butana, amonia, methanol, acaton) selain itu asap rokok yang dihirup juga mengandung komponen gas dan partikel yang berbahaya (Guidotti et al, 2007).

Hasil gambar untuk zat yang berbahaya dalam rokok
Nikotin dalam rokok dapat mempercepat proses penyempitan dan penyumbatan pembuluh darah. Penyumbatan dan penyempitan ini bisa terjadi pada pembuluh darah koroner, yang bertugas membawa oksigen ke jantung. Nikotin, merupakan alkaloid yang bersifat stimulant dan beracun pada dosis tinggi. Zat yang terdapat dalam tembakau ini sangat adiktif, dan mempengaruhi otak dan system saraf. Nikotin tinggal dalam tubuh selama 60 jam. Melumpuhkan bulu –bulu halus di paru-paru anda. Meningkatkan tekanan darah dan detak jantung.

LANGKAH-LANGKAH BERHENTI MEROKOK
BERSIAP UNTUK BERHENTI
a.      Temukan alasan mengapa Anda berhenti merokok :
  1. Mencoba memahami kapan dan mengapa anda merokok
  2. Buat catatan kapan keinginan meroko timbul dan bagaimana polanya. Hal ini akan menolong anda untuk melakukan strategi untuk mengatasi keinginan merokok.
  3. Pilih manfaat yg anda kehendaki. Pertahankan motivasi anda dengan mengingatkan kepada keputusan2 ini.
  4. Alasan baik untuk berhenti merokok ;
  • Kadar Nikotin dalam darah menurun
  • Kadar karbondioksida dalam darah berkurang
  • Tekanan darah menurun
  • Setelah 1 minggu :
  • Bernapas menjadi lebih mudah
  • Resiko infeksi berkurang
  • Berolah raga menjadi mudah
  • Setelah 1 tahun
  • Resiko penyakit Jantung dan kanker menurun secara signifikan.

b.      Tentukan tanggal untuk berhenti merokok
Adalah amat penting untuk membuat keputusan kapan anda berhenti.

c.       Bagaimana mempersiapkan diri untuk berhenti merokok
  1. Mulai saat ini juga ( sesuai tanggal yg telah ditentukan)

Hitung mundur :
  • Kurangi jumlah rokok yang anda hisap setiap hari
  • Kurangi tea dan kopi. Semua zat ini adalah obat-obatan. Kafein dalam tea, kopi dan minuman cola adalah perangsang.
  •  Alkohol adalah depresan. Mempengaruhi pikiran dan neurotrasmiter dengan cara yang sama seperti Nikotin. Biasa dikomsumsi bersama rokok. 
  • Disarankan untuk secara bertahap berhenti mengkomsumsi kopi sebelum berhenti merokok. Pengguna yang berta akan mengalami efek balik.

d.      Bagaimana untuk  membebaskan diri dari Rokok
Tanamkan dalam diri bahwa ROKOK saat ini adalah musuh anda.
Musnahkan rokok, buang korek api. Bersihkan semua asbak. Hubungi seseorang katakana bahwa anda telah berhenti.
Teguhkan pilihan Anda :
Saya memilih untuk menjadi seorang non perokok
Saya memilih untuk hidup bebas dari asap rokok
e.      5 Cara Untuk Mengatasi keinginan Merokok
1.      Nyatakan (lakukan ini kepada diri anda sendiri berulang-ulang kali) Saya memilih untuk menjadi seorang non perokok.
2.      Tunda. Tunggu hingga 10 menit. Biasanya keinginan yang kuat untuk merokok hanya bertahan 3-5 menit.
3.      Bernapas dalam-dalam. Bernapas dalam-dalam 2-3 kali akan menenangkan diri anda.
4.      Minum air. Hirup segelas air secara perlahan-lahan
5.      Lakukan aktifitas yang lain. Berjalan kaki, bersantai, mengunyah permen, mandi, melakukan hobi.

f.       Hidup bebas Rokok
ü  Jangan buat alasan untuk merokok lagi, tinjau kembali manfaat tidak merokok, makan dengan cerdas untuk mengendalikan berat badan.Bersikap sebagai seorang non perokok.
ü  Jangan membuat alas an untuk merokok lagi : alas an berat badan naik, alas an bukan saat yang tepat untuk berhenti, alas an hanya sebatang rokok, atau alasan sedang ada masalah.
ü  Pertahankan pola makan sehat bergizi dan seimbang. Makan lebih sedikit lemak, makan lebih banyak buah, sayuran dan biji-bijian. Sarapan pagi yang bergizi, makan malam lebih ringan. Hindari makan cepat saji. Makan di waktu yang teratur. Hindari ngemil dinatara jam makan. Berolah raga secara teratur.
ü  Percayalah kepada diri sendiri, bahwa anda tidak memerlukan rokok.
ü  Berbicara positif kepada diri anda sendiri.


Comments