Makanan Sehat

Makanan Yang Sehat dan Bernutrisi

Hasil gambar untuk gambar makanan empat sehat dan lima sempurna



Saat ini di Era Globalisasi, setiap manusia selalu di sibukkan dengan aktivitas rutinitas masing-masing sehingga terkadang mengabaikan pentingnya dan mahalnya kesehatan. Mereka cenderung memilih dan mengkonsumsi makanan cepat saji karena alasan tidak ada waktu luang. sementara tanpa disadari banyak makanan cepat saji yang dikonsumsi justru tidak meningkatkan kesehatan dan sebaliknya bisa menyebabkan tingginya resiko terkena penyakit.

Hasil gambar untuk gambar orang sibuk bekerja

Orang Indonesia pada umumnya juga terjebak dengan porsi makanan atau rasa makanan dan tidak peduli dengan kandungan gizi dari makanan yang kita konsumsi. Padahal bukan seberapa banyak makanan,melainkan seberapa banyak nutrisi yang kita dapat dari makanan tersebut dan  yang dapat diserap oleh tubuh. Jadi yang selama ini hanya menilai makanan dari porsi dan kelezatannya saja, segera rubah paradigma berfikir anda karena nutrisi yang terkandung dalam makanan lah yang terpenting.

Hasil gambar untuk gambar orang indonesia memakan makanan porsi besar

Makanan Sehat yang baik untuk dikonsumsi 

Jenis makanan sehat adalah makanan yang mampu memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh,mencakup karbohidrat,protein, lemak, vitamin dan berbagai mineral penting seperti kalsium,zat besi, dan masih banyak lagi. Menu makanan sehat yang paling bagus adalah yang meliputi empat sehat lima sempurna terdiri dari nasi, sayur, lauk pauk, buah dan susu.

Hasil gambar untuk gambar makanan empat sehat dan lima sempurna

  1. Lemak : Lemak yang baik untuk tubuh adalah lemak tak jenuh yang terdapat pada kacang2an, minyak zaitun,biji-bijian,buah alpukat dan ikan. sementara lemak jenuh tidak baik untuk tubuh karena meningkatkan kolesterol dalam darah seperti jeroan(hati,paru,usus) dan daging yang mengandung kolesterol jahat.
  2. Vitamin : Terdiri dari Vitamin A, B, C, D, E dan vitamin K, dimana vitamin berfungsi untuk meningkatkan daya tahan dan perawatan organ tubuh kita. makanan mengandung vitamin diantaranya buah-buahan seperti apel, jeruk, melon, 
  3. Karbohidrat : Merupakan sumber energi yang dibutuhkan tubuh kita untuk bergerak dan melakukan aktivitas. karbohidrat terbagi 2 yaitu karbohidrat sederhana dan kompleks.
    • Karbohidrat Sederhana : mengandung gula dan sedikit serat contohnya Nasi putih,Jagung,Roti Putih, mie, makaroni, kentang, singkong, tepung2 an.bila dikonsumsi terlalu banyak bisa menyebabkan kegemukan pada tubuh.
    • Karbohidrat Kompleks : mengandung tinggi serat dan bisa mengurangi resiko kegemukan contohnya Nasi merah, Roti gandum, Oatmel(gandum serat tinggi)
  4. Protein : Protein berfungsi sebagai enzim yang membantu reaksi kimia dalam proses metabolisme tubuh. ada dua jenis protein yang dibutuhkan tubuh yaitu protein hewani dan nabati.
    • Protein hewani seperti Daging(Sapi,Ayam,Kambing), Susu, Ikan.
    • Protein Nabati seperti tahu,tempe,Ubi(kentang,singkong,ubi seperti jalar),Kacang2an,Polong2an,
      5. Mineral : Banyak sekali mineral yang dibutuhkan oleh tubuh seperti kalsium, kalium, zat besi. mineral-mineral ini bisa didapatkan pada susu dan produk olahannya (Keju,yogurt,)dan sayuran.

Mari kita terapkan pola hidup sehat melalui mengkonsumsi makanan sehat dan bernutrisi.




Demikian artikel kali ini, semoga dengan menjaga pola makan yang benar, tubuh kita akan diberikan kesehatan yang prima hingga usia tua.

Hasil gambar untuk gambar tubuh yang sehat dan bahagia

Salam Sehat selalu.... 


Comments